Oleh: meysanda | November 10, 2008

RESENSI-AIR

Menyingkap Rahasia Air

COVER-THE-SECRETJudul : The Secret of Water
Penulis : Mutiara Media
Penerbit:esensi
Cetak : 2008
Tebal : 140 Halaman

Air sumber kehidupan. Zat utama yang menjadi dasar segala materi adalah air (Thales, 624-545 SM). Tetapi bukanlah air yang berkuasa atas segala kehidupan. Air adalah zat utama secara material. Pendapat Thales tidak bisa dibawa dalam ranah spritual. Karena zat utama adalah Sang Khalik sedangkan air adalah makhluk. Air diciptakan dan berfungsi sesuai kodratnya, dan air tidaklah menciptakan.

Hingga kini pendapat air sumber kehidupan masih berlaku. Tanya saja kepada semua dokter dan ahli ilmu alam.

Al-Quran, kitab suci Ummat Islam juga menyingkap tabir rahasia tentang air ini. Malahan lebih lengkap dan ada pencerahan terhadap peran air sesungguhnya dalam kehidupan.

Jika diurut, air, angin, api, tanah, maka semuanya berinduk kepada keberadaan air antara satu dengan yang lainnya.

Buku ini secara rinci menyingkap persoalan air dibahas dalam al-Quran. Mulai dari pengertian dan jenis air. Dari air terbaik hingga air terburuk. Semuanya dikupas dengan lugas.
Beragam literatur dan peristiwa kemanusiaan dikaitkan dengan air. Misalnya, jatuhnya pesawat Adam Air, bencana longsor, hingga banjir bandang yang selalu menghantui negeri ini.
Persoalan air memang akan menjadi penting jika kita mengingat peranannya dalam kehidupan. Bahkan manusia secara jasmani berasal dari setetes air hina. Maka sampai dewasa, manusia tidak bisa melepas kebutuhannya terhadap air. Air susu ibu adalah asupan penting membuat manusia tumbuh besar.

Di balik itu, air bisa membunuh! Bencana alam tsunami adalah bentuk nyata ratusan ribu nyawa melayang karena air yang mengamuk dari laut lewat proses gempa bumi.

Rahasia air pada buku ini dijadikan hikmah terhadap akhlak manusia terhadap lingkungan hidup. Dimana hutan dan kebersihan merupakan kewajiban manusia untuk memeliharanya.
 
Terdapat sebelas pembahasan menarik tentang air pada buku ini. Secara kreatif penulisnya mengabarkan kepada pembaca tentang hal yang sederhana di sekeliling kita: air. Pembahasan dimulai dari pengertian, ciri-ciri, manfaat, kualitas dan kuantitas air, sampai pengkultusan terhadap air. Di samping itu juga dipaparkan tentang hujan, siklus hujan serta segala hal tentang hujan. Laagalu tentang nutfah, air dan tumbuhan, air dan manusia, mata air surga, air panas neraka, air sebagai rahmat, air sebagai bencana. Menariknya, terdapat pembahasan air secara metaforis. Sungguh ide sederhana tapi sangat enak dibaca. [abdullah khusairi]

 


Tinggalkan komentar

Kategori