Oleh: meysanda | Desember 18, 2008

BERITA-PKL

Bina PKL, Jangan Binasakan

ASWADI-MUNIRPayakumbuh—Pedagang Kaki Lima (PKL) merupakan salah satu sektor usaha yang paling siap menghadapi ekses ekonomi global tapi kerap mendapat perlakuan yang tidak pada tempatnya. Semestinya, PKL yang menjamur di setiap kota, dibina bukan dibinasakan.

Hal itu dikatakan Caleg DPR RI dari PBR, Drs Aswadi Munir dalam sebuah perbincangannya dengan koran ini.

“Hampir seluruh kota di Indonesia terdapat PKL, tetapi mereka selalu dikesampingkan seolah bukan bagian dari kota tersebut. Sebagai sektor riil yang likuiditas dari sektor ini lebih lancar dibanding dengan pengusaha besar yang kerap dililit kredit macet, sangat layak sekali jika PKL dapat pembinaan,” kata Aswadi lagi.

PKL, kata Aswadi lagi, tak hanya ada di Indonesia. Negara maju seperti Singapura-pun juga terdapat PKL-PKL. Namun, keberadaan mereka justru memberikan membantu masyarakat. Bedanya, dari sisi penampilan, tata letak, mereka lebih profesional.

Di sini peran kita, terutama pemerintah daerah. Mestinya, PKL-PKL yang ada di kota-kota yang ada di Sumbar didorong menuju iklim yang lebih kompetitif. Mereka ditata sedemikian rupa hingga ke sistem manejerialnya. Kita bisa bayangkan, PKL-PKL tersebut tertata apik, tentu akan memperindah kota dan daya tarik tersendiri,”kata alumnus STM Negeri Bukittinggi ini

Di Payakumbuh sendiri, dalam catatan Aswadi terdapat sekitar 1500 PKL. Mereka dapat suntikan dana dari Wako Payakumbuh yang nilai mencapai ratusan juta, berupa kredit. Setiap sore, angsuran dari pedagang dikutip koperasi untuk kemudian digulirkan kembali ke PKL lain.

“Kami mengapresiasi kebijakan Wako Payakumbuh kepada PKL,”timpal Aswadi seraya mengungkapkan hal ini bisa lebih dikembangkan lagi dengan pembinaan secara manejerial.  [TEDDY ARLAN/PADEK]


Responses

  1. salut tuk pemda Payakumbuh….
    semoga menyusul Muhammad Yunus
    dengan Grameen Bank-nya yang perhatian banget ma orang kecil…
    akhirnya jadi menjadi pemenang nobel…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: