Oleh: meysanda | September 28, 2008

RESENSI-APPLE WAY

Menyingkap Manajemen
Revolusi dan Inovasi
 

Judul : The Apple Way
Penulis : Jeffrei L. Cruikshank
Penerbit: esensi
Cetak : 2008
Tebal : 278 Halaman

COVER-APPLE-AWAYInovasi tidak berasal dari uang, inovasi berasal dari orang. Akan tetapi, berinovasi tanpa uang adalah sesuatu yang mustahil dimana para pesaing bersedia membayar berapapun yang diperlukan untuk mencuri para teknisi dan insinyur terbaik anda. Guna mempertahankan para tenaga kerja yang potensial dan berbakat itu berarti anda harus siap memberikan gaji yang kompetitif. (hal.26)

Apple sebuah produsen teknologi yang jatuh bangun bermain di tengah pasar. Trend dan laku pasar sering melambungkan untung, tapi juga kadang menghempasnya.

Seseorang di balik Apple yang membuat sangat bersejarah dari dekada ke dekade lain. Keterpurukan tampaknya memang sebuah keharusan ketika regenerasi terjadi kurang matang dan subjektif. Dia adalah Adalah Steve Jobs, orang yang energik dan kreatif. Tak sekedar membuat, menjual, teknologi dalam bentuk komputer. Lihatlah komentar aneh ini! orang-orang terbaik dalam bidang komputer adalah penyair, penulis dan musisi! (hal. 34)

Buku ini bukan memaparkan sejarah Apple. Tidak sekedar itu, ia juga membicarakan strategi dan sejumlah persoalan di perusahaan berkedudukan di Bandley Drive, Cupertino, California itu. Para eksekutif muda boleh bangga dengan laptop dengan lambang elegan buah apel yang, atau remaja yang memegang benda metalik bernama iPod. Tetapi sebenarnya, itulah dua kecemerlangan dari banyak keburaman perusahaan ini.

Jika tahu apa yang mereka inginkan, berikan pada mereka. Abaikan orang-orang yang skeptis. (hal. 57) Semua memang beranjak dari mimpi dan ambisi. Memainkan teknologi dengan sikap tegas, teknologi mutakhir yang bisa dimanfaatkan semua orang.

Buku ini mengupas manajemen, menelaah teknologi, memaparkan visi marketing, dan juga melakukan kajian kemanusiaan. Penulisnya mendapatkan 12 pelajaran manajemen. Ia menyebutkan, perusahaan yang paling inovatif di dunia. Jika di Asia kita famous dengan microsoft, pada buku ini, justru microsoft pada dasarnya juga berguru ke Apple. Nah!

Apa saja 12 pelajaran tersebut? Keajaiban dan Margin, Menemukan Masa Depan, Membuat Mereka Sesak Napas, Menjaga Permata Keluarga, Jaga Semua Teman Anda dengan Wajar, Menepati Janji Anda, Membangun Sekte, Dapatkan Di Luar Sana, Mempertahankan Kekerenan Anda, Menyindir Para Penjahat, Memperbaiki Pemimpin Anda dan Memperbaiki Rencana Anda.

Mengasyikkan! Ketika banyak tersingkap sisi dalam manajemen yang dimainkan sebuah raksasa usaha. Prinsip manajemen yang keras berhadapan dengan pasar yang ganas. Juga joke antar badan usaha! Tetapi yang paling penting terlihat adalah, jadikan produk dan pelanggan anda sebagai raja, seimbangkan antara manufaktur dan pengiriman logistik, motivasikan dan inspirasikan orang-orang diluar perusahaan untuk memasarkan dan mempromosikan produk anda, ciptakan jaringan distribusi baru, buat keputusan berdasarkan pada citra perusahaan dan teguhkan hati anda. Terakhir, menangkan kompetisi dengan belajar baik dari kesuksesan maupun kegagalan. [abdullah khusairi]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: