Oleh: meysanda | Agustus 26, 2008

PENGUMUMAN PEMENANG

>>Laporan Pertanggungjawaban [LPJ] Juri Penulisan<<<
“Baca Ulang Sebelum Posting”

Alhamdulillah! Tugas berat ini selesai juga. Walau sehari-hari memang bekerja memilih memilah kata, ternyata menilai tulisan teman-teman blogger yang ikut acara Hiking Kemerdekaan Palanta bukan pekerjaan gampangan. Karena sifat tulisan yang bertutur dan runtut, membuat pembacaan mesti lebih jelimet, ‘mana yang kreatif mana’, yang hanya menyelesaikan tugas ‘yang penting posting’.

Setelah menimang-nimang beberapa alasan maka dibuat sistem penilaian, seperti yang pernah dilakukan penilaian penulisan selama ini oleh juri. Sistem penilaian ditetapkan dengan nilai tertinggi dari tiga elemen, dengan total nilai 100. Rincian elemen, Bahasa 30, Materi 50, Teknik 20. Semua tulisan terus dibaca ulang, sesekali dicatat secara khusus hal-hal penting.

Mengejutkan! Tanpa disadari, ada beberapa nilai yang sama karena antara satu elemen dengan yang lain punya kelebihan masing-masing. Misalnya, kuat di bahasa, tetapi kurang di materi, atau teknik bertuturnya menarik! Nah, ini membingungkan. Penilaian ulang pun dilakukan agar ketemu ceruk perbedaan lebih dalam.

Akhirnya memang bertemu, dengan timbangan yang sangat ketat, seksama, ditetapkan tiga pemenang:

Pemenang Pertama, 17 Agustus 2008 dari blog http://takodokbercerita.wordpress.com. Pemenang Kedua, Merdekakan Hati, Biarkan Berekspresi dari blog http://avartara.wordpress.com Pemenang Ketiga, Hiking Merdeka ke Pantai Aie Manih dari blog http://blog.ephi.web.id.

Pemenang Pertama dengan rincian nilai, Bahasa 30, Materi 45, Teknik 20, Total: 95. Pemenang Kedua dengan rincian nilai, Bahasa 30, Materi 40, Teknik 15, Total : 85.  Pemenang Ketiga dengan rincian nilai, Bahasa 30, Materi 35, Teknik = 15 Total: 80.

Sungguh, perbedaan ketiganya, begitu juga tulisan-tulisan lain, sangat tipis. Sebenarnya sudah begitu ditimang-timang satu sama lain karena memang harus dicari satu pemenang—walau harus berkata: kalah tipis itu menyakitkan.

Penulisan perjalanan, pada dasarnya bertutur. Jenis dari feature. Dan semua penulis, peserta hiking menulis secara bertutur dan runtut. Artinya, ada keseragaman di sini. Hanya ada beberapa yang menambahkan bumbu-bumbu, misalnya, kemerdekaan, opini pribadi, juga perasaan. Saya sedikit kecewa ketika tak ditemukan narasi deskriptif yang lengkap. Cuma sepotong-sepotong saja. Kalau yang ini, memang membutuhkan ketekunan menulis dan bersabar. Baca ulang dan berulang.

Teknik bertutur bisa berkembang lebih lentur lagi. Memulainya tak perlu harus dari keberangkatan. Tetap bisa dimulai dari agenda pulang. Toh, bisa pakai flash back.

Lalu, apa  yang membuat ketiganya bisa dicatat sebagai pemenang? Judul pertama memang tidak terlalu menarik, tetapi kekuatannya berceloteh. Bertutur hilir mudik dengan renyah, walau punya kelemahan pada bentuk bahasa. Tetapi ini tak bisa dipungkiri, karena bahasa memang berkembang. Berkembang dalam pakem bahasa Indonesia. Hanya saja, perlu diingat, logika bahasa, keindahan bahasa, harus tetap diperhatikan. Tulisan pemenang pertama, sudah mendekati standar itu walau belum terlalu lengkap.

Sedangkan tulisan pemenang kedua, judulnya saja sudah menarik. Cuma sedikit tergelincir dengan data dan perhatian terhadap narasi deskriftif. Ini dimaklumi karena bergegas untuk diposting dan tidak bersabar. Setidaknya, perlu diingat, data apa yang belum diselip, apa kejadian paling menarik. Kapan perlu, secara tersusun rapi, dengan teknik tanya jawab suasana dan kalimat langsung. Tetapi kekuatan pada tulisan kedua adalah, berhasil menangkap suasana dan telah bercerita. Sayangnya, ceritanya tidak selengkap tulisan pertama.

Sedangkan tulisan ketiga, judulnya sangat kuat! Hiking Merdeka ke Pantai Aie Manih. Cuma tidak terlalu dominan tentang suasana Aie Manih. Lalu ada baiknya, menyelip edukasi tentang Malin Kundang secara tersendiri. Tulisan kuat pada teknik. Dimana, penguasaan sistematika tuturan. Tetapi belum cukup kreatif membangun kalimat langsung sehingga tidak memberi gambaran suasana hangat dan semangat yang sudah ditercermin pada awal-awalnya.

Bagaimana juri membayangkan tulisan yang menarik! Tulisan bisa dipilah-piliah, agar enak menulisnya. Misalnya, acara palanta, suasana perjalanan, isi pertemuan, objek wisata, hari merdeka, dll. Semuanya harus detail. Atau dipilih satu tema saja, tetapi detail. Nah, kehebatan penulisan Andrea Hirata [bagi yang sudah membaca Laskar Pelangi, Edensor, Sang Pemimpi] diskripsi pulau belitong yang membuat pembaca ada di sana. Nah! tulisan-tulisan yang masuk ke palanta.org, sedikit gagal mengajak juri ke sana secara detail.

Soal bahasa Indonesia yang baik. Sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Pada umumnya vonis nilai kena di sini. Misalnya, proposisi “di” yang tak jelas. Kata depan dan kata kerja. Lalu ada kata-kata “sendiri” yang menyelip. Misalnya, “itu sendiri”. Ingat, bahasa tulisan dan bahasa lisan harus dikonversi dengan cara baca ulang dan diulang-ulang. Agar tidak meragukan pembaca.
Disamping itu, masih ditemukan kata “dalam” di awal kalimat. Hal ini bukanlah sebuah kesalahan fatal, tetapi sangat keliru mengingat kata “dalam” adalah kata sambung….
Satu lagi, ada kata “yang merupakan”. Ini menganggu sekali, ada baiknya ditukar menjadi “koma” atau “adalah”. Ingat, penulis sering tidak sabar untuk mengeluarkan seperti curah hujan semua nalarnya, nah logika mesti bekerja untuk mengatur lajunya. Sistematika dan suspensi penceritaan juga harus diperhatikan.
Semangat berbahasa, mengacu kepada “Kami bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa Indonesia. Lha, artinya bukan bahasa satu, bahasa gaul Indonesia]. Tetapi, bahasa gaul sangat penting namun penggunaannya harus tepat dan tak harus sepanjang penceritaan, yang membuat lelah pembaca berpikir ulang karenanya.

Terakhir, tak ada yang mau bercerita atau memberi judul menarik seperti ini, Bertemu Malin Kundang di Hari Merdeka, Menjemput Semangat Merdeka ke Aia Manih, Jejak Merdeka Orang Muda Dunia Maya ke Aia Manih, Turun dan Mendaki Langkah Merdeka. Dst. Well, ini hanya pilihan-pilihan judul dan memungkinkan membuka cerita dengan jiwa. Menulis dengan jiwa.

Terima kasih teman-teman. Keputusan juri tak dapat diganggu gugat. Saya ucap selamat bagi pemenang. Bagi yang belum beruntung, mari terus belajar dan serius dalam menumpahkan semua rasa dan logika ke dalam kata. Semua ada ilmunya, mari terus belajar. Salam. [abdullah khusairi]

Daftar Nilai

RIFKA===Hiking Merdeka Palanta (Alam Menjadi Inspirasi Kemerdekaan)=
http://rifkadejavu.blogspot.com/2008/08/hiking-merdeka-palanta.html
Bahasa  = 30
Materi  = 30
Teknik  = 15
Total = 75

AWANG===Hiking Merdeka Bersama Anggota PALANTA (Blogger) Padang
http://aw4nk.blogsome.com/2008/08/18/hiking-merdeka-bersama-anggota-palanta-blogger-padang/
Bahasa  = 20
Materi  = 35
Teknik = 15
Total = 70

HARDESSWASTIKA===Pantai Penuh Perjuangan
http://hardesswastika.multiply.com/journal/item/15
Bahasa  = 20
Materi  = 40
Teknik = 15
Total = 75

FADLI===Palanta Hiking Merdeka
http://fadly.ict-sumbar.net/?p=68
Bahasa  = 25
Materi  = 30
Teknik = 15
Total = 70

AVARTARA=Merdekakan Hati, Biarkan Berekspresi
http://avartara.wordpress.com/2008/08/18/merdekakan-hati-biarkan-berekspresi/
Bahasa  = 30
Materi  = 40
Teknik = 15
Total = 85

HENDRI===Palanta on Hiking Merdeka
http://www.sihendri.com/2008/08/18/palanta-on-hiking-merdeka/
Bahasa  = 25
Materi  = 35
Teknik = 15
Total = 75

YULI===Berpetualang di Hari kemerdekaan
http://bsayketek.blogspot.com/2008/08/berpetualang-di-hari-kemerdekaan.html
Bahasa  = 30
Materi  = 30
Teknik = 15
Total = 75

AI IMOET=HIKING 17-an
http://istri.sihendri.com/hiking-17-an/
Bahasa  = 20
Materi  = 30
Teknik = 20
Total = 70

DOT===Hiking Palanta wasik tenan ei
http://doombloog.com/2008/08/18/hiking-palanta-wasik-tenan-ei/
Bahasa  = 25
Materi  = 30
Teknik = 15
Total = 70

DESTI==17 Agustus 2008
http://takodokbercerita.wordpress.com/2008/08/18/17-agustus-2008/
Bahasa  = 30
Materi  = 45
Teknik = 20
Total = 95

EPHI===Hiking Merdeka ke Pantai Aie Manih
http://blog.ephi.web.id/?p=148#more-148
Bahasa  = 30
Materi  = 35
Teknik = 15
Total = 80


Responses

  1. Alhamdulillah,…. banyak ilmu yang bermanfaat yang didapakan disini,… hasil kajian dewan juri begitu lengkapnya…. mudah2an dapat menjadikan pelajaran yang sangat berharga🙂
    Makasih Pak

    Selamat ya. semoga jadi pemicu membuat karya terbaik. kita masih sama-sama belajar…..

  2. wah mesti sering2 mampir ke blog ini, belajar menulis, mudah2an ada satu kategori yang berjudul ‘teknik menulis yang baik’. sangat bermanfaat sekali bagi kami yang masih awam dengan dunia tulis menulis.

    Selamat! Menulis butuh kesungguhan melebihi kesungguhan yang lain. Semua kita awam, lalu selalu belajar. Salut pada orang yang selalu belajar!

  3. wah, trimakasih atas ilmunya pak🙂

    Selamat! Ingat, terus baca ulang sebelum posting. Jangan salut pada orang pintar, salutlah pada orang yang selalu ingin belajar….

  4. Apa hadiah untuk para pemenangnya,,
    Tapi tak salah kalau B’Eri ini menjadi jurinya, dijamin hasilnya tak ada KKNnya..
    Dia memang pinter apalagi dalam bertutur. Setiap kata yang terucap seperti lagi membaca sebuah karya sastra..
    Dan ada satu kalimat yang sering diucapkannya, yaitu “Pantatmu yang Sentosa”,,, dalam satu hari pasti kata itu ada dilontarkannya… He..He…
    Hidup B’Eri…

    Halah… Halah…. Kok dibuka satu joker saya. Mohon jangan memujiku, membuat aku harus lupa diri. Terima kasih, saya cuma sedang berusaha untuk berbuat sebaik mungkin. Tentu masih ada kekurangan yang mesti diingatkan. Kata orang bijak, boleh tahu kita terhadap banyak hal, tapi satu hal, kita mesti belajar pada seseorang. Maksudnya begini, saya mungkin bisa jadi akan tahu banyak hal, tapi saya akan belajar satu hal dengan http://rinimaldini.wordpress.com

  5. Nah, benarkan mulai lagi dengan kata-kata seperti berpuisi dan berpantun..
    Reni tidak memuji tapi itu adalah kenyataan (soalnya seorang renimaldini jarang memuji…)
    Tapi ada yang salah, kok rinimaldini, yang benarkan http://renimaldini.wordpress.com

    Reni benar! terima kasih telah memuji, ingat saya tetap akan belajar pada dirimu dalam satu hal….

  6. Apaan tuh, yang bisa dipelajari dari Reni. Jadi penasaran… Satu hal itu apa???


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: