Oleh: meysanda | Agustus 2, 2008

BERITA-WENDRA

WENDRA-YUNALDI3

Ini Bukan Cover
Tapi Cukup Atraktif

Pesta ini makin menunjukkan kreativitas yang tinggi bagi anak negeri. Salah satu buktinya adalah beralihnya dari gaya spanduk memanjang jadi poster yang sangat elegan. Tidak sekedar foto, tapi dengan layout dan digital printing sebagai bentuk pilihan menggunakan teknologi mutakhir.

Di samping ini, bukanlah cover majalah dengan nama Indonesia Bisa!. Inilah yang atraktif tersebut agar bisa menarik hati rakyat. Apakah ini ini juga perubahan? Perubahan dari gaya-gaya spanduk konvensional, yang cenderung merusak suasana kota. Tidak indah sedikitpun. Tampil norak! Tidak atraktif, panjang, lebar, melintas jalan, tak terbaca, huruf kecil. Komposisi datar tidak menyentak mata. Bahasa sekarangnya, simple and eye caching. Kadang-kadang memuakkan.Misalnya, Dengan Isra’ Mi’raj Mari Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa… alamak! basinya…. Tidak ada yang mau membuat seperti ini, Keajaiban Isra’ Mi’raj Kita Panenkan Menjadi Shalat Setiap Saat! Sudahkah Anda Shalat? Iklan Layanan Ini Dipersembahkan Oleh….

Poster ini sedikit mencoba untuk atraktif. Seakan-akan cover majalah dengan nama Indonesia Bisa!. Kita berharap, anak muda satu ini bisa tampil atraktif dalam kiprahnya dalam panggung negeri. Seperti atraktif dalam membuat poster dan kata-kata yang diusungnya. Bisa jadi pula, ini sedikit memberi gambaran bahwa seseorang memang harus memiliki sense of art untuk tampil sebagai pejuang di ranah politik. Tidak melulu sense of women seperti yang sudah tertangkap tangan!

Pilkada 2004 perdana di Sumbar, pernah ditemukan sebuah poster film dengan judul The Candidate, dia kandidat gubernur Sumbar, Jeffrey Geovanie. Sangat atraktif. Menarik hati dan terbukti, ia berhasil menjadi nomor 3, pencapaian yang luar biasa dengan pergerakan cuma beberapa bulan sebelum berlaga.

Hari-hari ke depan kita akan dipenuh dengan bendera-bendera, foto-foto calon yang mengharapkan suara kita. Tapi, sepanjang yang sudah terjadi, masih belum ditemukan yang tampil dengan atraktif. Masih dengan cara-cara yang lazim. Nah, apakah dari sini bisa kita lihat, apakah mereka akan atraktif membawa suara rakyat? Apakah mereka justru seperti yang lazim juga, setelah mendapat kursi, lupa dengan konstituen? Entahlah. Kita memang tak bisa apatis, mesti terus menggiring ke arah perubahan diri sendiri dan pemimpin kita. Atraktif! Pesta meriah dan ada kemajuan terhadap cara menarik hati rakyat. Tidak melulu dengan spanduk konvensional, ajakan konvensional.

Lihat bagaimana jargon perubahan yang berani di Amerika sana. “Vote Me!” Ini tak kita dengar di sini. Cuma yang ada, Partai %$#@*& Siap Membuat Perubahan! Entah perubahan seperti apa, perubahan menjadi lebih buruk? Sungguh-sungguh ambigu…. Itulah politik. Bahasa yang ambigu. [abdullah khusairi]


Responses

  1. VOTE ‘WY’ FOR SENATOR!
    NOW OR NEVER…

  2. BEDA DENGAN…
    VOTE ‘WY’ FOR SENATOR
    2009 OR NEVER…

    PESAN INI MENUNJUKKAN KESERIUSAN DAN KESEGERAAN PENYELESAIAN MASALAH. ORANG MUDA DIBUTUHKAN SECEPATNYA SEBELUM IA BERANJAK TUA.

    ATAU

    SEKARANG SELAGI SUCI DAN BERSEMANGAT SEBELUM TERNODA DAN ‘BERKERINGAT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: