Oleh: meysanda | Juni 25, 2008

BERITA BISNIS

ANDI-BAYES-COMENTERPRENEURSHIF

Muchfiandi:
Bermodal Jaringan
dan Jam Terbang

Jiwa dagangnya berangkat dari darah orang tua yang mengalir di tubuhnya. Tetapi, sang ibu bukanlah pedagang, namun seorang guru. “Sebenarnya, saya merasakan sudah punya jiwa untuk mandiri sejak remaja,” ungkap lelaki murah senyum ini.

Bernama lengkap, Muchfiandi, pengusaha yang kini menanjak dengan bendera usaha BAYES Computer ini, tampak bisa akrab dengan siapa saja.

Di ruang bisnisnya, ia menguraikan kisah awal membuka usaha servis dan jual beli komputer. Andi, demikian ia akrab disapa, memulai jejak dunia usaha komputer sejak 90-an.

“Waktu itu masih amat langka. Satu bulan hanya bisa jua komputer 5 unit. Karena masih terbilang barang mewah. Amat kontras dengan sekarang, yang bisa di atas angka tersebut bisa terjual dalam satu hari” ujar Andi mengenang.

Berdarah Bukittinggi-Pessel, lahir di sebuah kota kecil Sarolangun, Andi memang dikatakan merantau kembali ke daerah orang tuanya, Ranahminang, tahun 1987. Merantau untuk pendidikan. Dasar jiwa dagang sudah muncul, di sela-sela sekolah dan melanjutkan kuliah, ia sudah bermain komputer. Lalu mampu mengutak-atik dan berani menyervis komputer.

Tahun-tahun awal, tahun 90–an ia membuka jasa di Gunung Pangilun,TOKO-BAYES-COMPUTER setelah itu berani menantang pasar, pindah ke Ruko di Belakang Olo. Kini, ia sudah menetap dengan gedung sendiri di Jalan Andalas No. 74 Padang.

Memang tak diragukan lagi, Andi sangat menguasai perkembangan dunia komputer. Semenjak zaman komputer dengan jenis 808 XT, 286, 386, 486 DX, 23 MMX, hingga musim pentium dan core. Dari zaman disket besar hingga flasdisk.

“Dulu, bisa punya untung 70-90 persen, sekarang 7-10 persen sudah bagus. Bedanya, sekarang sudah lancar menjual karena melek teknologi masyarakat sangat cepat,” tuturnya.

Apa kesan-kesan dari perjalanan belantara bisnisnya? “Wah dukanya lebih banyak. Betapa partai-partai besar sangat menguasai pasar. Belum lagi gaya kapitalis barang branded ketika mengajak kerja sama. Pertanyaannya, berapa modal di tangan? Sementara kita benar-benar pemain yang tidak menyiapkan modal, cuma skill dan keberanian,” ungkap Andi.

Kini Andi tidak bisa dianggap sepele. Omzet sudah bisa mencapai ratusan juta per bulan, ia sudah dipandang sebagai pemain kelas menengah yang segera menanjak kelas atas dengan tujuh karyawan.

“Tapi kita ditampar oleh situasi. Kenaikan BBM ini juga membuat semua harus direstar,” ujarnya menggunakan istilah komputer.

PLANG-NAMA-BAYES-COMPUTERBayes Computer, baru saja pindah ke Andalas. Ia tidak ketakutan lagi kehilangan pelanggan tetapnya karena kepindahan ini. “Bisnis itu trush (kepercayaan) dan jaringan. Jaringan bertahun-tahun merupakan modal yang dimiliki melebihi modal besar,” ujarnya jujur.

Apa komentarnya tentang persaingan? “Ah itu tergantung bagaimana sikap dalam berbisnis. Toh, rezeki tidak berada dalam kancah persaingan. Kalau cara bersaingnya tidak dilandasi dengan moral, agama tentu tidak akan bertahan lama,” ujar pemilik daftar antri untuk menunaikan ibadah haji ini.

Memang BAYES Computer sempat menjadi penjual resmi produk brand khusus laptop. Namun kini sudah lepas karena tidak mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak. Beberapa kali ia memang tersandung modal. Karena pihak kerja sama selalu menaikkan syarat deposit.

Karena itulah, kini BAYES Computer memilih untuk semua barang kebutuhan seputar komputer dari semua merek. Ini lebih memberi harapan dari pada satu brand tetapi tidak bisa memainkan peran besar di pasaran.

Kebutuhan segala hal berkenaan dengan komputer, laptop, printer, LCD, dan lain sebagainya, bisa didapatkan di BAYES Computer. Dan urusan sales, services, spare part, accesories, sofware, hardware, maintenance, kini bagian dari jasa yang disiapkan BAYES Computer. Dijamin memuaskan. [abdullah khusairi]


Responses

  1. apa ini termasuk jalan agar cepat kaya;;/salam kenal negh…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: