Oleh: meysanda | Juni 20, 2008

PILWAKO

Pilwako Padang Titik Sukses Sumbar

WENDRA-YUNALDIPADANG—Perjalanan demokrasi sudah menampakkan hasil, hanya saja jangan sampai dinodai oleh syahwat politik yang pembangunan sebuah daerah dirugikan. Khusus Kota Padang, merupakan titik sukses yang melengkapi Pilwako setelah dan sebelumnya. Misalnya Sawahlunto, Padangpariaman, dan Padangpanjang.

“Kita bahagia bagaimana proses demokrasi yang sudah berjalan baik. Tentu masih kita lihat kelemahan, namun yang jelas ada peningkatan kualitas pelaksanaan,” ungkap akademisi hukum tata negara, Wendra Yunaldi SH MH kepada koran ini, ketika diminta komentarnya seputar perjalanan demokrasi dalam pilwako yang berlangsung di Sumbar.

Tokoh muda yang kini menjabat Ketua KNPI Kota Payakumbuh ini menyatakan, kekurangan dalam Pilkada di daerah luar harus jadi pelajaran bagi masyarakat, khususnya bagi KPU.

“Tetapi kita yakin, karakter kita di ranahminang tidak bisa disamakan dengan komedi politik di timur sana. Maluku Utara saya pikir bentuk lain dari permainan pusat,” jelas aktivis 98 ini.

Koran ini sempat mendesak kalau Wendra akan maju dalam pemilihan anggota DPD RI dari Sumbar, tetapi ia menolak berkomentar banyak.

“Ada banyak tokoh yang akan maju. Kalau ada kesempatan, bisa jadi saya maju,” ujarnya.

Peta politik dalam Pilwako Padang beberapa minggu ini memang makin menguap. Panas. PPP tampak sukses besar mengusung calon. Yusman Kasim makin yakin dalam Pilwako saat ini. Sementara, diam-diam partai lain dan calon mulai bergerilya. Sedangkan PBB makin membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftar.

“Pemilihan langsung memang mencerminkan suara rakyat amat menentukan. Namun demikian, untuk lolos di partai dan calon independen bukan perkara murah pula. Dan Warga Kota Padang mesti terus diajak untuk memiliki rasa tanggung jawab atas pilihan-pilihan mereka. Yang terpenting adalah, semua calon harus arif ketika satu dari semua calon terpilih ,” ujar Wendra. [abdullah khusairi]


Responses

  1. Kalau memang prihatin terhadap negeri kita…kenapa ga” bang saja yang maju jadi pemimpin..tunjukkin bang kalau kaum muda tidak selalu dipandang sebelah mata (kayak iklan sampoerna)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: