Oleh: meysanda | Juni 6, 2008

POLITIK-PILKADA

DJONIMARJangan Cederai Demokratisasi
>>PBB Komit Pilkada Fair

PADANG, METRO

Pemilihan Kepala Daerah adalah ajang pendidikan dan pendewasaan masyarakat. Oleh karenanya, jangan cederai dengan cara yang tidak elegan. Masyarakat akan menilai setiap tokoh partai, karena semuanya dikembalikan pada pilihan.

“Jadi jangan sampai mematikan lampu lawan, tapi terangkan seterangnya lampu sendiri. Begitu filosofinya,” ungkap Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sumbar, Ir  H Jonimar Boer kepada koran ini dalam percakapan di Sekretariat partai berlambang bulan dan bitang itu, Jl. Khatib Sulaiman No.99 B, Kamis, (5/6).

Demokratisasi yang sedang berjalan sekarang sudah sangat baik sekali. Ini prestasi bagi Sumbar. Kalaupun ada persoalan yang muncul, adalah wajar. Ada mekanisme penyelesaian.

Anggota DPRD Sumbar ini menilai, beberapa pemilihan kepala daerah berjalan mulus. Sekarang Pilwako Pariaman, PBB mengusung Yulius Danil-Isril (Yusril) berkoalisi dengan beberapa partai lainnya.

“Calon pemimpin yang diusung PBB setiap Pilkada selalu dengan syarat yang ketat dan terukur ketokohannya. Tidak diragukan lagi komitmen kerakyatan dan kepemimpinan yang dimiliki,” ujar Da Jon, demikian ia akrab disapa.

Di mata pria ini, cara-cara ideal memberikan pendidikan masyarakat haruslah tepat. Kalau digunakan cara yang tidak baik, hasilnya tidak akan baik. ??”Saya melihat masih ada cara yang memancing perlawan antara satu partai dengan yang lain. Ini hendaknya jangan terjadi.

Cara memancing tersebut misalnya, spanduk partai dipasang tanpa izin. Provokasi isu yang negatif terhadap tokoh dan calon. Sebaiknya, lihat secara positif semua calon. Karena secara kepartaian, sudah terplih calon terbaik, masyarakat menilai pula plus minus.

“Nah pilihan paling tepat itu adalah dengan nurani dan ketetapan hati. Jangan karena materi,” papar Jon. ??Pilkawako Sawahlunto, Pariaman, Padangpanjang dan Padang bagi PBB merupakan ajang penting memperlihatkan jati diri kepartaian. Soal kalah menang merupakan pelajaran tersendiri bagi partai ini.

Kekuasaan memang penting tapi belum tentu menentukan jika didapatkan secara tidak baik. Namun pencerahan dan pendidikan politik kader dan rakyat jauh lebih utama.??”Karena partai ini dibangun atas semangat ideologi. Tidak semata materi,” tegas Jon. [abdullah khusairi]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: