Oleh: meysanda | April 11, 2008

AWALNYA CUMA SECANGKIR KOPI

COVER-STARBUCKS

Judul : The Starbucks Experience
Penulis : Joseph A. Michelli
Penerbit : Esensi Erlangga
Cetak : Juni 2007
Tebal : 225 Halaman
Resensiator : Abdullah Khusairi

Ini persoalan yang teramat sepele. Soal menjual secangkir kopi kepada pelanggan. Karena teramat sepele, ia dikemas menjadi tidak sepele. Maka ia menjadi sesuatu yang membawa banyak karyawan, pembuat kopi, petani kopi dan orang, lembaga, yang terkait dengan kopi menjadi amat berharga.
Ya, inilah fenomena Starbucks, yang mengubah secangkir kopi menjadi fenomena bisnis yang mendunia. Penulis buku ini mengungkapkan lima prinsip kepemimpinan di Starbucks yang mengubah gagasan biasa menjadi sebuah pengalaman yang amat luar biasa. Prinsip tersebut adalah, lakukan dengan cara anda, semua penting, surprise and delight, terbuka terhadap kritik dan leave your mark.

Prinsip ini memang dinamis. Dimana pemimpin menginginkan karyawan terlibat penuh dalam tugas-tugas yang mereka kerjakan,tidak sekedar mengerjakannya dengan baik dan benar.Prinsip Lakukan dengan Cara Anda, membuat Starbucks telah berhasil menciptakan sebuah model unik yang mendorong mitra pada semua tingkatan untuk menuangkan energi kreatif dan dedikasi mereka ke dalam semua yang mereka lakukan.
Tidak ada manajer yang bisa memberi tahu karyawannya cara untuk mengeluarkan individualitas mereka sembari berfungsi secara efektif terkait dengan prioritas bisnis; tidak ada pendekatan layanan pelanggan tertulis yang bisa mewujudkannya. Ada lima kiat sukses di sini, ramah, tulus, perhatian, berwawasan dan peduli.
Sementara, prinsip semuanya penting, berangkat dari seringnya kita meremehkan kekuatan sentuhan, senyuman,
kata-kata manis, telinga yang bersedia mendengar, pujian tulus, atau perhatian yang paling kecil, semuanya punya potensi untuk mengubah kehidupan. Semua penting tersebut adalah, perhatian detail dalam perencanaan.
Tidak tergesa atau muncul begitu saja. Menciptakan lingkungan untuk Starbuck Experience.
Menurut Senior Vice Presiden of Coffee and Global Procurement, Kualitas kopi saja tidak cukup. Kami ingin tahu kualitas orang yang berbisnis dengan kami. Kami ingin tahu integritas dan komitmen mereka terhadap kesempurnaan di masa yang akan datang. Kami juga memperhatikan kesehatan petani dan kebun kopi. Kami amat peduli dengan
hal-hal ini.
Buku ini dilengkapi hikmah yang harus diambil setelah membaca pengalaman berharga Starbucks. Juga latihan antara pengalaman dan kesimpulan yang mesti diambil dalam kasus-kasus tertentu dalam berbisnis.
Misalnya, bagaimana menangani pelanggan yang paling setia dan seperti apa pula dalam melayani orang yang benar-benar asing. Lalu apa kejutan menarik yang harus dilakukan untuk pelanggan? Agaknya, kita berbisnis, seringkali meremehkan hal-hal seperti ini.
Dipenuhi dengan kisah-kisah nyata dari para pengawai Starbucks, anekdot-anekdot yang membuat orang tersadar dan strategi solid tahap demi tahap, buku yang mengagumkan
ini akan membawa anda berpetulang ke dalam salah satu perusahaan yang paling sering dibicarakan di dunia saat ini.
Bagi siapa saja yang berkeinginan untuk belajar dari yang terbaik—dan untuk menjadi yang terbaik—Buku ini akan memberikan sebuah gagasan yang kaya, mudah dibaca,
dan tidak akan terlupakan. []


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: